Pemerintah Akan Bangun Kabel Listrik Bawah Laut Jawa-Sumatra

Kompas.com - 12/06/2014, 19:58 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung. Icha RastikaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) mengatakan pemerintah akan membangun kabel listrik bawah laut antara pulau Jawa dan Sumatra.

"Akan bangun kabel bawah laut yang menyambungkan listrik Jawa dan Sumatra. Sumatra kan kaya dengan batu bara, maka akan lebih murah menghasilkan listrik," kata CT di kantornya, Kamis (12/6/2014).

Menurut CT, apabila batu bara dari Sumatra diangkut ke Jawa dan diolah menjadi listrik kemudian kembali dialirkan ke Sumatra akan memakan biaya besar. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk membangun pembangkit listrik di Sumatra dan dapat dialirkan ke Jawa melalui kabel bawah laut.

"Tapi sangat tidak adil kalau Sumatra kekurangan listrik. Oleh karena itu, nanti akan dibangun juga transmisi 500 KV sehingga Sumatra dapat dialiri listrik secara penuh dan Jawa juga dapat dialiri listrik dengan baik," ujar CT.

Pemerintah menargetkan rencana pembangunan tersebut dapat segera dimulai. "Sebelum pemerintahan yang sekarang selesai sudah dimulai," ujarnya.

Selain itu, CT menjelaskan pemerintah juga berkomitmen untuk menjalankan proyek jalan tol lintas Sumatra lebih lanjut. Sebuah tim kecil akan dibuat antara Kementerian BUMN, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Sekretariat Kabinet.

"Tim akan membahas secara rinci dan detail mengenai hal-hal yang harus diselesaikan. Diharapkan Menko Perekonomian akan menerima laporan akhir minggu depan. Sehingga pelaksanaan bisa secepatnya dilaksanakan," jelas CT.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.