Kompas.com - 13/06/2014, 20:53 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung. Kompas.com/SABRINA ASRILMenteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan PT Newmont Nusa Tenggara bisa segera ekspor bulan ini, asal perusahaan tambang itu menyepakati tawaran renegosiasi kontrak pemerintah.

"Kalau saya, kalau bisa bulan ini (ekspor), kenapa mesti bulan depan," katanya kepada wartawan di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/6/2014).

CT mengatakan, akibat tidak bisa mengekspor, Newmont terpaksa menutup tambang Batu Hijau, dan merumahkan sementara operator tambang mereka. Dia mengatakan, solusi yang ditawarkan pemerintah agar karyawan tambang bisa kembali bekerja adalah Newmont segera merampungkan urusan renegosiasi kontrak.

Dia mengatakan, tim renegosiasi dan Newmont hampir sepakati seluruh poin. Sayangnya, CT enggan memberikan keterangan mengenai poin renegosiasi mana saja yang masih belum rampung.

"Tapi mereka menyampaikan bahwa sudah hampir selesai. Pesan saya, selesaikan secara baik, secepatnya, supaya mereka segera bisa ekspor, orang yang dirumahkan bisa kembali bekerja," ujarnya.

Meski membahas bagaimana agar Newmont bisa cepat kembali mengekspor, CT mengatakan, dalam pertemuannya dengan CEO Newmont Mining Corporation, Gary J. Goldberg, mereka tidak membahas secara khusus penutupan tambang Batu Hijau. "Sama sekali enggak (bahas)," katanya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.