Kompas.com - 16/06/2014, 13:27 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menargetkan bisa merealisasikan produksi gula hingga 576.000 ton. Jumlah itu meningkat sekitar 19 persen dari produksi 2013 sebesar 485.000 ton.

”Sejauh ini persiapan sudah on the right track. Sudah ada beberapa pabrik gula yang giling sejak Mei lalu, tapi ada juga yang baru giling bulan Juni ini. Menyesuaikan dengan pemanenan tebu dan jadwal kemasakannya,” ujar Dirut PTPN X Subiyono dalam siaran pers, Senin (16/6/2014).

PTPN X saat ini memiliki 11 pabrik gula di Jawa Timur, mulai dari Sidoarjo, Mojokerto, Kediri, Jombang, Nganjuk, hingga Tulungagung.

Perseroan menargetkan bisa menggiling tebu sebanyak 6,84 juta ton pada tahun ini, meningkat dibanding realisasi 2013 sebesar 6,7 juta ton. Adapun luas lahan tebu ditargetkan PTPN X sebesar 79.253 hektar.

PTPN X menargetkan produktivitas lahan dipatok sebesar 86,4 ton tebu per hektar dan produktivitas gula 7,3 ton gula per hektar. Perseroan mengklaim produktivitas lahan dan gula masih yang tertinggi dibanding rata-rata kinerja produsen gula lainnya di Indonesia.

”Tahun ini kami menargetkan rendemen (kadar gula dalam tebu) di kisaran 8,39 persen. Dari awal giling saat ini di beberapa pabrik gula kami sudah ada yang rendemennya di atas 8 persen,” tutur Subiyono yang juga ketua umum Ikatan Ahli Gula Indonesia (Ikagi) itu.

Adapun terkait harga lelang gula, kata Subiyono, sejauh ini belum cukup menggembirakan. Untuk itu pihaknya berharap pemerintah bisa lebih tegas mengatur soal impor  gula dan merembesnya gula rafinasi ke pasar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.