Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia Dongkrak Belanja Iklan

Kompas.com - 18/06/2014, 15:51 WIB


PARIS, KOMPAS.com —
Pasar periklanan global diperkirakan bakal tumbuh 5,4 persen tahun ini menjadi 524 miliar dollar AS. Pertumbuhan tersebut terutama didorong oleh pertumbuhan iklan televisi dengan adanya penyelenggaraan atau siaran Piala Dunia.

Perusahaan periklanan terbesar di dunia seperti Martin Sorrell WPP, Omnicom, dan Publicis akan menikmati pertumbuhan pengiklan seiring dengan pertumbuhan produk domestik bruto global.

Sementara itu, negara-negara pasar iklan terbesar akan berada di Amerika Serikat, Jepang, dan Tiongkok.

Menurut Zenith Optimedia, perusahaan media buying, total pengeluaran iklan tahun ini yang mencapai 524 miliar dollar AS itu, selain didorong oleh prospek ekonomi global yang membaik juga didukung oleh peningkatan pesat dari iklan mobile.

"Pertumbuhan akan terus meningkatkan selama dua tahun ke depan, mencapai 5,7 persen pada 2015 dan 6,1 persen pada 2016, didorong oleh pemulihan ekonomi yang berkelanjutan, termasuk zona euro," kata Zenith Optimedia, seperti dikutip dari Reuters, Senin (16/6/2014).

Zenith juga mengungkapkan, pangsa pasar belanja iklan global di televisi akan mencapai puncaknya tahun ini, setelah terus meningkat selama beberapa dekade dari 29,9 persen pada tahun 1980 menjadi 39,6 persen pada 2013.

Pada 2016, Zenith memperkirakan pangsa pasar iklan untuk televisi akan sedikit menurun menjadi 38,3 persen.

Hal itu dikarenakan produsen otomotif dan produk konsumen mulai melihat iklan online sebagai tempat yang cocok untuk membangun merek, selain televisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com