Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Kabel Bawah Laut Jawa-Sumatera Didanai Jepang

Kompas.com - 19/06/2014, 14:21 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Proyek kelistrikan, yaitu kabel bawah laut tegangan tinggi arus searah (HVDC) Jawa-Sumatera, akan didanai dari pinjaman lembaga donor Jepang.

Kepala Bappenas Armida Alisjahbana menuturkan, anggaran proyek tersebut secara total mencapai 2,12 miliar dollar AS, dan akan dilakukan dalam 4 tahap.

“Tahap 1 dan 2 sebesar 1,19 miliar dollar AS. Dan tahap 3 dan 4 sebesar 929 juta dollar AS. Tahap 3 dan 4 ini yang akan dimintakan persetujuan Presiden dalam ratas (rapat terbatas),” kata Armida ditemui usai rapat dengan Menko Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung, Jakarta, Kamis (10/6/2014).

Armida mengatakan, kabel bawah laut 500 kV itu sudah masuk agenda Menko untuk dibawa ke rapat terbatas bersama Presiden.

Dia mengatakan, proyek kelistrikan ini akan masuk dalam APBN 2015. Armida mengatakan meski proyek tersebut masuk dalam APBN 2015, namun persetujuannya tetap dilakukan oleh Presiden saat ini.

“Persetujuan loan (pinjamannya) Presiden saat ini, kan nanti Presiden juga akan menyampaikan nota keuangan (saat pergantian pemimpin),” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com