Proyeksi, Posisi Rupiah Terangkat Sentimen Eksternal

Kompas.com - 20/06/2014, 09:11 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Sentimen pesimisme atas langkah Bank Sentral AS, The Federal Reserve, membuat indeks dollar AS melemah. Kondisi ini sedikit banyak mengangkat posisi rupiah di tengah masih adanya gelayutan pelemahan karena kenaikan harga minyak dunia.

Indeks dollar AS kembali melemah 0,33 persen walaupun jobless claims dan leading index AS diumumkan lebih baik daripada periode sebelumnya. Sampai Kamis (19/6/2014) sore, hampir semua mata uang di Asia juga ditutup menguat tajam.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, dipangkasnya proyeksi pertumbuhan AS juga berarti dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk The Fed menyediakan likuiditas yang berlimpah bagi perekonomian AS. Hal tersebut akan mendorong ekspektasi membaiknya likuiditas dollar AS di pasar global.

"Hari ini sentimen pelemahan dollar AS di Asia berpeluang berlanjut. Hanya data neraca transaksi berjalan zona Eropa yang ditunggu sore ini," tulis Samuel Sekuritas Indonesia dalam risetnya.   Setelah mendekati Rp 12.000 per dollar AS pada Rabu (18/6/2014), rupiah menguat tajam karena faktor global pada penutupan perdagangan Kamis.

Pasokan dollar AS dari Bank Indonesia mulai terpantau di pasar valas domestik ketika permintaan dollar AS mulai tinggi. Turunnya yield US Treasury juga membantu penguatan SUN terutama pada tenor pendek.

Penguatan rupiah diperkirakan berlanjut pada Jumat (20/6/2014), walaupun tekanan harga minyak yang masih terlihat akan membatasi ruang penguatan. Harga minyak Brent menyentuh 115 dollar AS per barrel sampai Jumat dini hari tadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.