Prabowo: Kerugian Sektor Kelautan RI Capai Rp 100 Triliun Per Tahun

Kompas.com - 20/06/2014, 19:31 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto, mengatakan, kerugian di sektor laut Indonesia mencapai Rp 100 triliun per tahun. Menurut dia, hal tersebut didapatkannya dari data internal tim suksesnya.

"Data dari tim pakar saya, kehilangan dari laut mencapai 100 triliun tiap tahun," ujar Prabowo di Jakarta, Jumat (20/6/2014).

Karena itulah, dia bertekad untuk membangun ekonomi maritim saat ini. Pembangunan tersebut bisa melibatkan pihak swasta ataupun oleh pihak pemerintah sendiri.

"Saya sangat sependapat kita harus memperkuat sektor maritim kita. Kalau dunia swasta belum siap, pemerintah harus proaktif, kasih intensif, tax holiday dan angkatan laut kita harus kita perkuat," katanya.

Sementara itu, wakil calon presiden Hatta Rajasa mengatakan akan membanguan tranportasi laut yang baik dan mencoba menurunkan biaya logistik yang tinggi saat ini menjadi lebih rendah. "Pertama kita kembangkan transportasi logistik 14, 6 persen dari biaya produksi kita tekan jadi 10 persen," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.