H-4 Lebaran Truk Besar Dilarang Melintas di Jalur Utama Mudik

Kompas.com - 24/06/2014, 15:01 WIB
Jalur Pantura Kendal KOMPAS.com/SLAMETJalur Pantura Kendal
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur utama mudik, pemerintah menetapkan aturan pelarangan truk besar melintas di jalan-jalan raya utama. Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan daftar jenis kendaraan dan melakukan sosialisasi.

" Empat hari sebelum hari H prioritas ke penumpang. Barang-barang termasuk komoditas pangan menjadi prioritas," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung di Kantor Kementerian Perdagangan, Selasa (24/6/2014).

Pada kesempatan sama, Menteri Perhubungan EE Mangindaan menyatakan hanya truk dengan 2 sumbu yang diperbolehkan melintas pada H-4 Lebaran hingga H 1 Lebaran. Pemerintah, kata dia, akan memprioritaskan penumpang agar tidak terjadi kemacetan arus mudik.

"Yang boleh truk yang 2 sumbu, terutama yang mengangkut bahan-bahan pokok, BBM, BBG, bahan-bahan yang tidak awet. Supaya angkutan tidak bisa dilewati truk-truk yang mengangkut itu lebih dari 2 sumbu," ujar Mangindaan.

Bila truk besar lebih dari 2 sumbu diperbolehkan melintas, maka kemacetan panjang akan terjadi. Sementara itu, pada saat bersamaan, jumlah pemudik sangat banyak dengan frekuensi melintas besar.

"Pasti lambat kalau truk besar melintas. Kalau sudah di tanjakan pasti lambat, sementara yang mudik butuh waktu cepat untuk sampai," jelas Mangindaan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.