Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik dengan Kereta Api, Sepeda Motor Diangkut Gratis

Kompas.com - 24/06/2014, 16:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengurangi jumlah kecelakaan pemudik yang menggunakan sepeda motor, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan menyediakan angkutan kereta api. Sehingga, pemudik sepeda motor dapat menggunakan moda transportasi yang disediakan pemerintah tersebut.

Menurut Menteri Perhubungan EE Mangindaan, selama ini jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor sangat banyak. Di Jakarta saja, terdapat sekitar 1,1 juta sepeda motor yang digunakan oleh pemudik.

"Seluruh Indonesia kami hitung 2.237.000 (sepeda motor) setelah rapat dengan daerah. Pengalaman selama ini kecelakaan yang terjadi 70 persen yang sepeda motor," kata Mangindaan di Kantor Kementerian Perdagangan, Selasa (24/6/2014).

Terkait dengan kondisi itu, pemerintah akan mengangkut para pemudik sepeda motor dengan menggunakan kereta api. PT KAI saat ini telah menyediakan 2 rangkaian kereta untuk mengangkut para pemudik tersebut.

"Yang mau naik kereta api silakan, meskipun penumpangnya bayar, motornya gratis. Kita siapkan gerbong untuk mengangkut sepeda motor," ujar Mangindaan.

Lebih lanjut, Mangindaan pun mengungkapkan pemerintah juga telah menyediakan fasilitas kapal untuk mengangkut para pemudik sepeda motor.

Selain itu, pemerintah juga bekerjasama dengan dealer sepeda motor untuk mengangkut para pemudik. "Mereka siapkan kendaraan yang mengangkut sepeda motor. Orangnya kita naikkan di bus. Sekarang sekitar 20.000 pemudik yang sudah mendaftar, kita siapkan sampai 40.000," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com