Jelang Lebaran, BI Ingatkan Masyarakat Tak Tukarkan Uang di Jalanan

Kompas.com - 25/06/2014, 07:28 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

SEMARANG, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) mengimbau masyarakat tak menukarkan uangnya di jalanan atau dengan calo, karena rentan diganti dengan uang palsu.

“Kami sudah sediakan penukaran uang di BI dan di perbankan. Kami menghimbau masyarakat agar tidak melakukan uang menulai calo atau perantara lainnya. Kami khawatir nanti jumlah uang yang ditukar dengan calo itu tidak sesuai dengan jumlah, diselipi uang palsu maupun dikenakan biaya tambahan,” kata Direktur Eksekutif Bank Indonesia Wilayah V Jateng-DIY, Sutikno di Semarang, Selasa (24/6/2014).

Khusus untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY, BI menyediakan uang sebanyak Rp 16, 1 trilliun. Sementara uang recehan yang disiapkan BI dibagi menjadi beberapa lembaran uang. Uang terbanyak dalam lembaran Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000 dan Rp 50.000. “Jumlah uang penukaran uang di Semarang mencapai Rp 115,7 Miliar,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur BI Semarang, Mahlison Hakim juga mengingatkan kepada masyarakat agar tak terjebak dengan uang palsu. Pasalnya, uang palsu saat jelang Puasa dan Lebaran makin tinggi. Berdasarkan data BI Semarang, uang palsu sepanjang bulan Januari-Mei 2014 sebanyak 4.979 lembar. Dengan demikian, tiap bulan di Kota Semarang beredar 920 lembar.

“Jumlah itu menurun dibandingkan bulan yang sama pada tahun lalu yakni 920 lembar. Uang yang sering dipalsukan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu,” tambah Mahlison, Selasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.