Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Bantu Budidaya Lebah Madu di Balikpapan

Kompas.com - 25/06/2014, 14:10 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


BALIKPAPAN, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) membantu pengembangan pertanian lebah madu di kawasan lembah Sungai Wain, Balikpapan Utara. Bantuan tersebut berupa pelatihan dan pemberian alat-alat untuk menunjang petani lebah madu.

"Kami (Pertamina) berikan pelatihan intensif kepada mereka (peternak), lalu kita berikan alat-alat penunjangnya, bahkan kita ajak mereka ke Batang untuk belajar budidaya ini (lebah madu)," ujar Eksternal Relation Marketing PT Pertamina, Dhika Edwina F.N di Balikpapan, Selasa (24/6/2014).

Dhika menjelaskan, program pengembangan budidaya lebah madu tersebut merupakan bentuk tanggung jawab sosial Pertamina kepada masyarakat Balikpapan. Program tersebut dipilih karena Pertamina melihat adanya potensi pengembangan budidaya lebah madu di Balikpapan.

Budidaya lebah madu itu sudah dilakukan sejak tahun 2010 dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Awalnya, program ini diikuti oleh hampir 60 orang masyarakat disekitar kawasan hutan lindung sungai Wain. Namun, seiring berjalannya waktu, hanya ada 9 orang petani yang serius melakukan budidaya lebah madu tersebut.

"Program ini sudah ada sejak tahun 2010, awalnya 60 orang, tetapi yang bertahan sekarang 9 orang, 2011 kita kasih kotak dan alat pemisah madu. Lalu kita bawa ke Jawa di Batang tahun 2012. Tahun 2013 kita urus BPOM-nya dan perluas pemasarannya," katanya. "Semua keuntungan dari hasil penjualan madu diserahkan kepada petani lebah," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com