Peternakan Lebah Madu Binaan Pertamina Diusulkan jadi Tempat Wisata

Kompas.com - 25/06/2014, 15:21 WIB
Ilustrasi lebah madu KOMPAS/DAHLIA IRAWATIIlustrasi lebah madu
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kelompok petani lebah madu di Balikpapan mengusulkan adanya bantuan dari Pertamina untuk membuat kawasan budidaya lebah madu menjadi kawasan wisata. Hal tersebut karena kawasan budidaya lebah madu tersebut sering dikunjungi oleh anak-anak sekolah saat musim panen tiba.

"Kami harapkan Pertamina untuk menjadikan kawasan ini jadi tempat wisata lebah madu. Karena banyak anak-anak SD yang berkunjung kesini tiap musim panen dan musim liburan," ujar Kelompok Tani Lebah Borneo Patra, Zahrodin kepada Kompas.com di Balikpapan, Rabu (25/6/2014).

Zahrodin menjelaskan, budidaya lebah madu di kawasan hutan lindung Sungai Wain memang baru dibangun tahun 2010. Semenjak berkembangnya peternakan lebah madu, minat masyarakat terutama anak-anak sekolah semakin besar untuk berkunjung.

Saat ini di kawasan budidaya lebah madu yang berada di RT 42 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara tersebut sudah memiliki 200 kotak tempat sarang lebah madu yang mampu menghasilkan literan madu murni setiap panennya.

Bisnis lebah madu ini sangat menggiurkan karena memiliki omset yang cukup besar. Masa panen madu sendiri bisa dua kali dalam sebulan, dengan tiap masa panen para petani bisa mendapatkan omset Rp 7 juta-Rp 8 juta dari penjualan madu tersebut.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.