Kompas.com - 27/06/2014, 14:02 WIB
Vietnam dan Cina bersitegang atas sengketa perbatasan Laut Cina Selatan. AFPVietnam dan Cina bersitegang atas sengketa perbatasan Laut Cina Selatan.
EditorBambang Priyo Jatmiko

HANOI, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi Vietnam sepanjang semester I-2014 mencapai level 5 persen. Kekhawatiran terhadap dampak sentimen anti-China terhadap perekonomian negara ini, tidak seburuk yang diperkirakan sebelumnya.

Data dari Badan Pusat Statistik Vietnam menunjukkan pertumbuhan ekonomi negara ini tepatnya berada di 5,18 persen antara Januari-Juni. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi pada periode yang sama tahun 2013 sebesar 4,9 persen.

Bank sentral Vietnam pada pekan lalu melakukan pelemahan terhadap mata uang dong sebesar 1 persen guna mendorong pertumbuhan ekspor. Hal itu dilakukan guna membantu pertumbuhan ekonomi, setelah pada bulan lalu warga Vietnam bergejolak akibat protes terhadap Tiongkok.

Bulan lalu, warga Vietnam gencar melakukan protes terhadap Tiongkok, menyusul langkah TIongkok memindahkan anjungan pengeboran migas ke wilayah yang diklaim milik Vietnam. Hal itu meningkatkan tensi antara dua negara.

Meski marah terhadap Tiongkok, warga Vietnam juga melampiaskan kemarahannya kepada pabrik-pabrik yang dimiliki pemodal dari Taiwan dan Korea. Terkait dengan kerusuhan itu, pemerintah Vietnam menawarkan kompensasi kepada investor, berupa pemotongan tarif dan asuransi.

Vietnam juga berusaha untuk bangkit dari masalah ekonomi yang berkepanjangan, termasu di antaranya rendahnya permintaan domestik, kredit bermasalah dan kebangkrutan pelaku usaha.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber AFP
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.