Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Ekonomi Vietnam Capai 5,18 Persen

Kompas.com - 27/06/2014, 14:02 WIB

HANOI, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi Vietnam sepanjang semester I-2014 mencapai level 5 persen. Kekhawatiran terhadap dampak sentimen anti-China terhadap perekonomian negara ini, tidak seburuk yang diperkirakan sebelumnya.

Data dari Badan Pusat Statistik Vietnam menunjukkan pertumbuhan ekonomi negara ini tepatnya berada di 5,18 persen antara Januari-Juni. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi pada periode yang sama tahun 2013 sebesar 4,9 persen.

Bank sentral Vietnam pada pekan lalu melakukan pelemahan terhadap mata uang dong sebesar 1 persen guna mendorong pertumbuhan ekspor. Hal itu dilakukan guna membantu pertumbuhan ekonomi, setelah pada bulan lalu warga Vietnam bergejolak akibat protes terhadap Tiongkok.

Bulan lalu, warga Vietnam gencar melakukan protes terhadap Tiongkok, menyusul langkah TIongkok memindahkan anjungan pengeboran migas ke wilayah yang diklaim milik Vietnam. Hal itu meningkatkan tensi antara dua negara.

Meski marah terhadap Tiongkok, warga Vietnam juga melampiaskan kemarahannya kepada pabrik-pabrik yang dimiliki pemodal dari Taiwan dan Korea. Terkait dengan kerusuhan itu, pemerintah Vietnam menawarkan kompensasi kepada investor, berupa pemotongan tarif dan asuransi.

Vietnam juga berusaha untuk bangkit dari masalah ekonomi yang berkepanjangan, termasu di antaranya rendahnya permintaan domestik, kredit bermasalah dan kebangkrutan pelaku usaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com