Kompas.com - 05/07/2014, 23:00 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden Prabowo Subianto mendapat pertanyaan dari kompetitornya, Joko Widodo soal kebijakan impor daging sapi. Menurut Prabowo, Indonesia sebenarnya cukup memiliki pusat produksi daging sapi, namun akses terhadap daging itu lebih sulit dibandingkan impor dari luar negeri.

"Indonesia hasilkan cukup banyak ternak sapi, tapi masalahnya datangkan sapi di Nusa Tenggara Timur, kadang-kadang lebih susah dari Australia. Masalah inilah yang harus diperbaiki. Ini masalah besar dan komprehensif, dan perlu memperbaiki tata kelola pertanian dari hulu ke hilir, yang tadinya neolib sekarang pada kerakyatan," kata Prabowo dalam debat kandidat terakhir di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (5/7/2014).

Prabowo pun menyinggung soal kenaikan harga daging sapi menjelang Lebaran yang selalu menjadi masalah bagi rakyat Indoensia. Selain mempermudah akses terhadap ternak yang dihasilkan Indonesia, Prabowo juga menilai perlunya peningkatan kapasitas petani dan menambah jumlah ternak di Indonesia.

"Perlu juga ditambah pengusaha-pengusaha yang akan menjalankan pabrik-pabrik pemotong sapi, dan jalankan distribusi sapi dari sumber-sumber sapi," kata Prabowo.

Debat kandidat pada malam hari ini adalah yang terakhir kalinya dilakukan. Tema yang diangkat yakni terkait pangan, energi, dan lingkungan hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.