Kompas.com - 05/07/2014, 23:56 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Dua calon wakil presiden yang tengah berkompetisi yakni Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla sama-sama sepakat perlunya dilakukan investigasi mafia migas dalam proses perpanjangan kontrak karya perusahaan-perusahaan migas asing di Indonesia. Hal ini disampaikan keduanya di sela-sela acara debat kandidat di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (5/7/2014) malam.

"Pak JK, tadi banyak masalah mafia migas, setuju kah bapak dengan pandangan bapak bahwa setiap perpanjangan kontrak, itu apa perlu dilakukan invesitasi atas perpanjangan itu agar dilakukan pengecekan ulang," kata Hatta.

Menurut Hatta, selama ini proses perpanjangan kontrak lebih banyak merugikan Indoensia. Dia mencontohkan dari Freeport, Indonesia seharusnya mendapat keungungan yang lebih besar. Namun, Indonesia selalu lemah dalam melakukan renegosiasi kontrak itu.

Menjawab Hatta, Jusuf Kalla pun langsung sepakat. "Saya sangat setuju untuk diinvestigasi, kita lihat Freeport siapa yang pegang saham dan ke mana saham itu. Lihat Newmont, di mana saham Newmont. Dulu nasional, sekarang siapa? Ke mana devidennya? Jadi saya sangat setuju," ungkap JK.

Debat kandidat pada malam hari ini adalah yang terakhir kalinya dilakukan. Tema yang diangkat yakni terkait pangan, energi, dan lingkungan hidup. Rektor Universitas Diponegoro Prof Prof Sudharto P Hadi menjadi moderator dalam debat kali ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.