Proyeksi, Rupiah Jaga Momentum Penguatan Sehari Menjelang Pilpres

Kompas.com - 08/07/2014, 09:19 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah, Selasa (8/7/2014), diproyeksikan masih akan mencoba menguat, sehari sebelum hari pemungutan suara untuk Pemilu Presiden 2014. Masih melemahnya harga minyak di pasar global menjaga momentum penguatan mata uang garuda.

Sementara itu, baiknya angka investor confidence di Zona Eropa membantu euro menguat terhadap dollar AS walaupun hanya tipis pada awal pekan. Namun, sentimen penguatan dollar AS mulai terasa hingga penutupan perdagangan pada Senin (7/7/2014) sore ketika hampir seluruh mata uang Asia melemah.  

Meski demikian, rupiah menguat tajam di tengah penguatan dollar AS di Asia itu. Selain harapan harga minyak yang terus turun akan menguntungkan neraca perdagangan Indonesia, euforia menjelang pemilu presiden diperkirakan juga membantu penguatan tajam rupiah.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, fokus pasar kini akan tertuju pada hasil quick count pemungutan suara pemilu presiden, Rabu (9/7/2014). Bursa Efek Indonesia dan Bank Indonesia akan tutup pada hari pemungutan suara ini dan kembali buka pada Kamis (10/7/2014).

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada Kamis diperkirakan akan tetap mempertahankan suku bunga acuan (BI rate) pada level 7,5 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.