Kompas.com - 10/07/2014, 10:34 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ditentang Dirut PT KAI Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan E.E Mangindaan mengatakan, pihaknya akan tetap melanjutkan proyek "shinkansen" tersebut. 

"KA Jakarta-Bandung jalan terus. Nanti bahkan akan juga ada KA cepat Jakarta-Surabaya," ujar E.E Mangindaan di Jakarta, Rabu (9/7/2014).

Menhub mengatakan, saat ini proyek kereta cepat Jakarta-Bandung masih dalam tahap studi kelayakan yang dilakukan oleh pihak Jepang.

Sementara untuk kereta cepat Jakarta-Surabaya, Mangindaan mengatakan, nantinya pembangunan rel akan dilakukan di atas double track yang ada sekarang ini. Menurut dia, dengan cara itu maka tidak akan ada pembebasan lahan untuk proyek tersebut.

Menhub menggambarkan nantinya KA cepat Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya akan membelah gunung-gunung. Sehingga menurutnya akan sama dengan jalur kereta di Cina maupun di Jepang.

Namun, nampaknya proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya tersebut akan membutuhkan waktu yang lama karena untuk proses studi kelayakannya baru akan dilakukan satu atau dua tahun ke depan.
Baca juga: Dirut PT KAI: Saya Menentang Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.