Kompas.com - 10/07/2014, 13:25 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Bidang Perekonomian Chairul Tanjung bersyukur pilpres 9 Juli 2014 berlangsung aman, meski belum diketahui hasil resminya. Meski sudah ada respon positif dari pasar atas hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, dia meminta semua pihak bersabar menunggu hasil resmi rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Keduanya masih mendeklarasikan kemenangan. Jadi sabar saja menunggu hasil resmi KPU tanggal 22 Juli 2014," kata Chairul ditemui wartawan di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Kamis (10/7/2014).

Berlangsungnya pilpres yang aman dan damai juga diapresiasi pelaku pasar serta pengusaha. Menanggapi hal tersebut, Chairul bersyukur dan berharap kondisi perekonomian lebih baik lagi.

"Ya alhamdulillah, rupiah menguat, bursa saham naik. Kita berharap bisa lebih baik lagi," katanya.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS melonjak ke posisi tertinggi 7 minggu pada awal perdagangan, Kamis (10/7/2014) pagi, pasca mayoritas quick count (hitung cepat) menyebutkan bahwa pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla sebagai pemenang Pilpres 2014.

Mata uang garuda melonjak 1 persen ke posisi Rp 11.518 per dollar AS pada pukul 08.17 WIB. Sejak 3 Juli 2014, rupiah menguat 3,5 persen seiring dengan spekulasi bahwa Jokowi akan menjadi pemenang pilpres.

Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan langsung melaju, bahkan hingga menembus level psikologis baru 5.100, pada awal perdagangan Kamis (10/7/2014). IHSG sempat menyentuh level tertinggi 5.165,42 atau melonjak 140,7 poin (2,8 persen), sebelum kembali perlahan menurun kembali.
baca juga:Jokowi Unggul di "Quick Count", Rupiah Melonjak ke Level Tertinggi 7 Pekan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.