Kompas.com - 10/07/2014, 17:06 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS hari ini, Kamis (10/7/2014) menguat cukup signifikan. Beberapa pihak menyatakan penguatan rupiah ini terkait hasil pilpres.

"Saya sampaikan rupiah menguat karena ada inflow (arus dana masuk). Rupiah hari ini menguat karena ada inflow," kata Direktur Departemen Komunikasi BI Tirta Segara di Kantor Pusat BI, Kamis (10/7/2014).

Tirta mengaku bank sentral tidak ingin mengomentari penguatan rupiah akibat ekspektasi pasar terhadap salah satu calon presiden. "Faktor lain, ekspektasi bisa saja. Yang pasti karena ada inflow," tegasnya.

Tirta menjelaskan, tekanan depresiasi terhadap nilai tukar rupiah meningkat pada bulan Juni 2014. Rupiah secara rata-rata melemah 3,03 persen secara bulanan dari bulan sebelumnya menjadi Rp 11.892 per dolar AS.

"Secara point to point (ptp), rupiah terdepresiasi sebesar 1,52 persen dan ditutup pada level Rp 11.855 per dollar AS. Di samping berlanjutnya ketidakpastian pasar keuangan global dan defisit neraca perdagangan pada bulan April 2014, pergerakan nilai tukar dipengaruhi perilaku investor yang menunggu hasil Pemilihan Umum Presiden 2014," papar Tirta.

Untuk itu ke depan, BI akan terus menjaga stabilitas nilai tukar rupiah sesuai dengan kondisi fundamentalnya.

Berdasarkan kurs tengah BI, kurs rupiah hari ini bercokol pada posisi Rp 11.549 per dollar AS. Posisi rupiah tersebut menguat bila dibandingkan posisi sebelum pemilihan presiden, yakni Rp 11.695 per dollar AS pada 8 Juli 2014. Adapun pada tanggal 7 Juli 2014, rupiah berada pada posisi Rp 11.787 per dollar AS.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.