Kompas.com - 11/07/2014, 04:03 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorPalupi Annisa Auliani
BERLIN, KOMPAS.com — Produsen perlengkapan olahraga asal Jerman, Adidas, mengklaim memenangi persaingan dengan kompetitornya, Nike, dalam hajatan Piala Dunia 2014.

Klaim tersebut berdasarkan fakta Adidas merupakan sponsor dari dua tim nasional yang akan berlaga di babak final Piala Dunia 2014, Jerman dan Argentina.

Adidas dan Nike merupakan dua perusahaan produsen perlengkapan olahraga yang mendominasi industri senilai 5 miliar dollar AS per tahun itu. Kedua perusahaan menguasai 80 persen pasar industri perlengkapan olahraga tersebut dengan beragam produk.

Meski Adidas mengklaim kemenangannya di Piala Dunia 2014, Nike tetap menjadi ancaman dengan penetrasi yang lebih banyak termasuk di Eropa Barat, kampung halaman Adidas.

"Adidas akan menjadi merek yang paling terlihat saat final Piala Dunia (2014)," kata CEO Adidas Herbert Hainer seperti dikutip dari Reuters, Kamis (10/7/2014). "Kami sekali lagi mengukuhkan posisi kami sebagai merek (perlengkapan) sepak bola terkemuka di dunia. Adidas jelas adalah nomor 1 dalam sepak bola global."

Adidas telah memasok perlengkapan sepak bola untuk dipakai di laga piala dunia sejak 1970. Namun, pada tahun ini Nike memasok perlengkapan untuk lebih banyak tim nasional yang berlaga di ajang empat tahunan ini dibandingkan Adidas.

Di Brasil, perlengkapan produk Nike dikenakan oleh 10 dari 32 tim yang berlaga, termasuk tim tuan rumah. Adapun Adidas memasok 9 tim nasional. Meski demikian, produk berciri tiga garis milik Adidas akan mendominasi laga final pada Minggu (13/7/2014).

Laga final Piala Dunia 2014 yang mempertemukan dua tim nasional dengan sponsor yang sama ini akan menjadi yang pertama kali terjadi lagi sejak 1990. Logo Adidas juga akan semakin menonjol di laga final tersebut karena ada di banyak sepatu pemain bintang, seragam panitia, dan bola yang dipakai.

Adidas menargetkan rekor penjualan dari produk terkait sepak bola senilai 2,7 miliar dollar AS pada 2014. Adapun Nike mematok target 2,3 miliar dollar AS, untuk tahun fiskal yang akan dilaporkan pada Mei 2015. Dengan periode fiskal yang berbeda, Nike diperkirakan dapat melampaui target Adidas ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.