Kompas.com - 11/07/2014, 08:47 WIB
Chairul Tanjung KOMPAS/RIZA FATHONIChairul Tanjung
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Bidang Perekonomian Chairul Tanjung menilai komitmen dari kedua pasangan capres-cawapres untuk menjaga konstituennya membuat kondisi pilpres dan paska pilres aman, tenang, dan terkendali. Kondisi inilah yang menyebabkan rupiah menguat, dan Indeks Harga Saham Gabungan naik, meski ada perbedaan dari hasil hitung cepat 12 lembaga survei.

"Kalau nanti sudah ada hasil dari KPU, tambah mantap lagi masuk uangnya," katanya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (10/7/2014).

Chairul membenarkan, ketika ditanya adanya klaim kemenangan dari dua kubu pasangan akan membuat investor bingung. Namun setidaknya saat ini sudah terlihat adanya pergerakan nilai tukar dan indeks saham. "Cuma orang masukin dana tapi tidak terlalu besar karena masih ada keraguan," katanya.

Dia juga membenarkan, tidak tertutup kemungkinan setelah rekapitulasi KPU dirilis, ada pihak yang tidak puas, lantas menggugat ke Mahkamah Konstitusi. Menurut dia, kalau ini terjadi, maka penguatan rupiah dan IHSG baru benar-benar melesat paska putusan MK.

"Setelah MK, sudah haqul yakin, sudah selesai itu. Jadi super banyak (dananya)," katanya Chairul.

Meski ada kemungkinan sejumlah investor berbalik arah jika pasangan calon yang tidak disenangi justru memenangi pemilu, Chairul tetap optimistis, pasar keuangan tetap akan membaik.

"Sama aja (siapa yang menang). Orang butuh kepastian. Jangan suka mendahului," tukasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.