Setiap Minggu yang Tukar Uang Mencapai Rp 29,5 Triliun

Kompas.com - 15/07/2014, 07:42 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat, realisasi penukaran uang setiap minggunya selama bulan Ramadhan mencapai Rp 29,5 triliun. BI melayani penukaran uang untuk keperluan hari raya Idul Fitri hingga 3 hari sebelum hari H Lebaran. Penukaran uang ini dilakukan di berbagai tempat resmi yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air.

"Penukaran uang sampai Jumat, 25 (Juli). Target Rp 118 triliun tambahan kebutuhan masyarakat selama Ramadhan (hingga Lebaran)," kata Deputi Gubernur BI Ronald Waas ketika berbincang dengan wartawan di kantornya, Senin (14/7/2014).

Adapun pecahan uang yang paling banyak ditukarkan masyarakat adalah uang pecahan besar seperti Rp 50.000 dan Rp 100.000. "92 persen pecahan besar dari nilai wajar saja, di atas Rp 20.000. 8 persen pecahan di bawah Rp 20.000," ujar Ronald.

Permintaan akan uang pecahan tertentu diakui Ronald tergantung kepada lokasinya di Indonesia. Di Pulau Jawa, misalnya, permintaan sebagian besar berupa uang kertas pecahan kecil. Sementara itu, di Kawasan Timur Indonesia (KTI), mayoritas permintaan malah uang pecahan besar.

"Itu kan tergantung daerahnya Jawa pecahan kecil. Di Kalimantan pecahan besar. Tergantung masyarakatnya. Di sana (Kalimantan) daerah pertambangan butuhnya pecahannya besar, daerah pertanian kecil. Ada uniknya setiap daerah," jelas Ronald.
baca juga: Desain Uang NKRI Beredar, Ini Klarifikasi Bank Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.