The Fed Peringatkan Saham Teknologi "Kemahalan"

Kompas.com - 16/07/2014, 01:30 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

WASHINGTON, KOMPAS.com - The Federal Reserve, Selasa (15/7/2014), memperingatkan beberapa perusahaan teknologi tinggi sudah mendapatkan harga saham yang terlalu tinggi. Meski demikian, The Fed menepis ada ancaman gelembung pasar saham.

Laporan ekonomi tengah tahunan The Fed menyatakan nilai saham di beberapa sektor telah tumbuh secara substansial, terutama di perusahaan kecil media sosial dan industri bioteknologi. Namun, bank sentral Amerika Serikat ini tak menampik saham perusahaan-perusahaan ini sempat terpuruk pada awal tahun.

Komentar soal over-valuasi tersebut diduga lebih tertuju pada gelombang minat investor kepada usaha baru, yang banyak di antaranya muncul dari Silicon Valley, berusaha menjadi "Facebook berikutnya" atau memburu keuntungan dari perusahaan bioteknologi.

Pada tahun lalu, Twitter mendapatkan penawaran senilai 1,8 miliar dollar AS dan sekarang nilainya sudah melonjak menjadi 20 miliar dollar AS sekalipun belum ada keuntungan dibuat perusahaan ini.

Komentar The Fed ini langsung mendorong turun laju saham teknologi pada perdagangan Selasa pagi di Amerika Serikat. Meski demikian The Fed menegaskan bahwa saat ini pasar saham negara itu tak sedang berada di wilayah gelembung meskipun sudah mencatatkan rekor indeks.

"Beberapa indeks harga saham telah meningkat ke level tertinggi sepanjang masa secara nominal sejak akhir 2013," kata laporan itu. "Namun, langkah-langkah penilaian untuk pasar secara keseluruhan pada awal Juli menyatakan umumnya (level itu berada) pada tingkat yang tidak jauh di atas rata-rata historis mereka, menunjukkan bahwa, secara keseluruhan, investor tidak terlalu optimis soal ekuitas."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.