Sehari, Uang yang Ditukar Masyarakat di Monas Tembus Rp 4,1 Miliar

Kompas.com - 16/07/2014, 13:18 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyediakan uang tunai dalam jumlah besar untuk keperluan masyarakat pada hari raya Idul Fitri. Animo masyarakat dalam menukarkan uangnya pun sangat besar.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Lambok Antonius Siahaan mengungkapkan bank sentral melayani penukaran uang sejak tanggal 1 Juli lalu hingga 25 Juli mendatang. Secara nasional, jumlah uang yang telah ditukarkan sejak tanggal 1 Juli mencapai Rp 800 miliar.

"Dari tanggal 1 sudah Rp 14,1 miliar dan jumlah penukar 5.050 orang di Monas. Kemarin (1 hari saja) Rp 4,1 miliar. Di Monas saja," kata Lambok di Lapangan IRTI, Rabu (16/7/2014).

Lambok mengungkapkan, pada dasarnya nominal uang yang paling banyak ditukarkan masyarakat adalah uang pecahan kecil, yakni di bawah Rp 20.000. Bank sentral memperkirakan kebutuhan uang tunai selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri mencapai Rp 118,5 triliun. Adapun uang tunai yang disediakan BI mencapai Rp 190 triliun.

"Penarikan uang dari BI secara total Rp 49,9 triliun. Tidak semua untuk penukaran, ada yang bayar THR. Pecahan kecil Rp 6,5 triliun, pecahan besar Rp 43,3 triliun," ujar Lambok.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengungkapkan bank sentral melihat terdapat peningkatan permintaan uang tunai setiap tahunnya.

"Total kita perkirakan kebutuhan sekitar Rp 118,5 triliun untuk selama bulan Ramadan. Yang disediakan BI bisa sampai Rp 190 triliun sampai dengan tanggal 25 Juli. Tiap tahun meningkat. Tahun ini kita pekirakan naik 14,9 persen," ungkap Ronald.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.