Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina: Setelah Lebaran, Premium Tidak Dijual Lagi di SPBU Tol

Kompas.com - 18/07/2014, 08:36 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menyatakan, Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) di jalan tol tidak akan lagi menjual premium bersubsidi. Kebijakan tersebut akan berlalu setelah Lebaran tahun ini.

"SPBU di jalan tol, nanti tidak akan mejual Premium bersubsidi, kita siapkan substitusinya seperti Pertamax. Setelah Lebaran (berlakunya), di seluruh tol di indonesia," ujar Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya di Jakarta, Kamis malam (17/7/2014).

Hanung menjelaskan, kebijakan tidak menjual Premium bersubsidi tersebut merupakan langkah yang diambil Pertamina dalam rangka mengurangi atau membatasi konsumsi BBM bersubsidi. Menurut dia, konsumsi BBM harus dilakukan karena dikhawatirkan kuoto BBM tahun ini tidak bisa mencukupi kebutuhan yang terus meningkat.

"Dari 46 juta kilo liter kuota Pertamina sampai Juli sudah direalisasikan 22,9 juta kilo liter. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan menyatakan tidak akan ditambah kuotanya, Jadi nanti ada aksi pengendalian BBM, supaya tercukupkan," katanya.

Selain tidak menjual BBM bersubsidi di SPBU jalan Tol, Pertamina juga berencana mengurangi pasokan ke SPBU. Pengurangan BBM tersebut bahkan bisa mencapai 20 persen bagi Premium.

"Jadi nanti di tiap SPBU nanti kita kurangi premiumnya 20 persen, solar juga kita kurangi. Karena kalau tidak kita lalukan solar habis November, dan premium Desember," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com