Amandemen Chiang Mai Initiatives Efektif, RI Bisa Pinjam 22 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 18/07/2014, 14:08 WIB
Ilustrasi tumpukan uang. ShutterstockIlustrasi tumpukan uang.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Negara-negara yang tergabung dalam Chiang Mai Initiative Multilateralisation sepakat menaikkan fasilitas nilai komitmen kerjasama menjadi sebesar 240 miliar dollar AS, dari sebelumnya sebesar 120 miliar dollar AS. Perjanjian ini mulai berlaku efektif pada 17 Juli 2014.

Dengan naiknya nilai komitmen kerjasama itu, diharapkan bisa memperkuat jaring pengaman keuangan regional bagi anggota yang tergabung dalam Chiang Mai Initiatives untuk menghadapi masalah neraca dan kesulitan likuiditas jangka pendek.

Indonesia sendiri bisa meminjam dana hingga 22,76 miliar dollar AS. Jumlah ini sama dengan yang bisa diperoleh Thailand, Singapura, Malaysia dan Filipina. Adapun negara Asean lain bisa menarik fasilitas dengan jumlah yang lebih sedikit.

Seperti Vietnam, bisa menarik fasilitas pinjaman sebesar 10 miliar dollar AS, Kamboja 1,2 miliar dollar AS, kemudian Myanmar 600 juta dollar AS, serta Brunei Darussalam dan laos masing-masing 300 juta dollar AS.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (18/7/2014), Bank Indonesia menjelaskan bahwa amandemen perjanjian Chiang Mai Initiative merupakan kerjasama keuangan antar Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral di kawasan ASEAN bersama dengan negara Tiongkok, Jepang, dan Korea (ASEAN+3), serta Hong Kong Monetary Authority (HKMA).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.