Garap Panas Bumi Bondowoso, Medco Siapkan Rp 4 Triliun

Kompas.com - 21/07/2014, 10:33 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JEMBER, KOMPAS.com - Potensi energi panas bumi (Geothermal) di Desa Blawan, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dalam waktu dekat akan segera dieksplorasi. Perusahaan yang akan melakukan proses eksplorasi tersebut adalah PT Medco grup, dengan nilai investasi mencapai Rp 4 Triliun.

“Saat ini tahapannya sudah berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah mereka susun. Ijin sudah dikantongi dari Kementerian Kehutanan, dan saat ini prosesnya sudah pada tahapan sosialisasi kepada warga, dan dalam waktu dekat proses pelebaran dan pengerasan jalan menuju lokasi juga akan dilakukan,” terang Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, kepada Kompas.com, Minggu (20/7/2014).

Menurut Amin, selain proses pelebaran dan pengerasan jalan, pihak investor sudah berjalan pada tahapan penentuan titik- titik lokasi pengeboran. “Kalau infrastruktur sudah siap, maka alat berat akan segera didatangkan ke lokasi, sehingga proses uji coba pengeboran bisa segera dilakukan,” ujarnya.

Dia juga menegaskan, proses uji coba pengeboran tidak akan mengancam dan membahayakan bagi masyrakat sekitar. “Jadi teknologi yang digunakan ini adalah teknologi ramah lingkungan, dan berpijak kepada green komitmen. Artinya aman bagi masyarakat kami yang berada di dekat lokasi penambangan,” ungkap Amin.

Adapun potensi listrik yang akan dihasilkan dari energy panas bumi ini cukup besar, yakni 110 Mega Watt. “Saya sudah minta kepada PT Medco grup, agar sebelum energi tersebut dijual untuk dimanfaatkan daerah lain di wilayah nusantara ini, maka kebutuhan listrik di Kabupaten Bondowoso harus dicukup terlebih dahulu. Sebab di daerah kami, masih ada sekitar 200 dusun yang belum dapat menikmati aliran listrik, karena tidak terjangkau oleh PLN,” katanya.

Amin berharap, agar proyek tersebut bisa segera terealisasi dan tidak molor sesuai jadwal yang telah ditentukan. “Tentu saya sangat berharap, agar program ini tidak molor. Sebab manfaatnya akan sangat besar bagi masyarakat kami, terutama nanti untuk pembukaan lapangan pekerjaan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.