Perlawanan Kubu Prabowo Tak Sebabkan Sentimen Negatif ke Pasar

Kompas.com - 22/07/2014, 12:53 WIB
A. Tony Prasetyantono psekp.ugm.ac.idA. Tony Prasetyantono
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Perlawanan kubu Prabowo-Hatta Rajasa atas hasil pilpres 2014 dinilai tak memberikan sentimen negatif bagi pasar.

Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada, Tony Prasetiantono, menilai kubu capres-cawapres nomor urut 1 itu kemungkinan hanya gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

“Paling banter Prabowo akan banding ke Mahkamah Konstitusi, dan bukan melakukan perlawanan secara fisik. Ini tidak akan menyebabkan sentimen negatif,” kata Tony kepada Kompas.com, Selasa (22/7/2014).

Dia menilai, dengan indikasi kemenangan Jokowi-JK, diprediksi rupiah bisa terus menguat di bawah Rp 11.500 per dollar AS. “Antara Rp 11.400- Rp 11.500 per dollar AS,” sebutnya.

Pasar, lanjut dia, sejak awal memang menjagokan Jokowi dan pasangannya, karena menawarkan gaya kepemimpinan yang orisinal. “Tidak pernah ada gaya leadership ala Jokowi di Indonesia,” katanya. Gaya itu tidak seperti Prabowo yang pernah mengemukakan ide nasionalisasi perusahaan asing, Jokowi memberi iklim sejuk kepada seluruh investor domestik maupun asing.

“Meski Jokowi mengedepankan perusahaan domestik, itu tidak apa-apa di mata investor asing. Masih wajar dan bisa diterima,” ucapnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.