Analis: IHSG Anjlok, Cermin Sentimen Negatif Investor pada Prabowo

Kompas.com - 22/07/2014, 17:11 WIB
Calon presiden Prabowo Subianto menggelar jumpa pers di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Selasa (22/7/2014). KOMPAS.com/DANI PRABOWOCalon presiden Prabowo Subianto menggelar jumpa pers di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Selasa (22/7/2014).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Penurunan IHSG dan melemahnya rupiah pada sore tadi ditengarai terjadi karena pernyataan Prabowo yang tidak mau menerima hasil rekapitulasi KPU.

Menurut Head of Research Universal Broker Indonesia, Satrio Utomo, kondisi tersebut merupakan cermin sentimen negatif investor terhadap pernyataan Prabowo tersebut.

"Iya tadi memang bursa mengalami penurunan, ada pengaruh dari pernyataan tersebut, itu bentuk sentimen negatif terhadap Prabowo," ujar Satrio Utomo kepada Kompas.com, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Dia menjelaskan, meskipun saat ini IHSG melemah, tetapi pasar tidak akan terus menerus memberikan sentimen negatif dalam waktu lama. Bahkan dia mengatakan, saat ini saham sudah mulah hijau kembali.

Satrio mengatakan, jika pengumuman final KPU sudah ditetapkan dan Prabowo tetap menyatakan ketidakpuasannya, pasar kemungkinan besar tidak akan kembali bergejolak karena sentimen negatifnya sudah terjadi pada sore hari ini.

"Saya kira tidak akan terjadi lagi, karena ini sentimen negatif cukup terjadi pada sore hari ini," tandasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.