Kredit Mikro BRI Semester I-2014 Tembus Rp 144,2 Triliun

Kompas.com - 22/07/2014, 21:17 WIB
Ilustrasi KONTAN/AHMAD FAUZIEIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis mikro PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) terus dapat membuahkan momentum pertumbuhan yang sangat baik. Kredit mikro BRI tercatat mencapai Rp 144,2 triliun pada semester I 2014.

"Kredit mikro BRI tumbuh sebesar 18,1 persen secara year on year (yoy), meningkat dari Rp 122,1 triliun di triwulan II tahun lalu menjadi sebesar Rp 144,2 triliun," kata Direktur Jaringan dan Layanan BRI Suprajarto dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (22/7/2014).

Suprajarto mengungkapkan, pertumbuhan kredit mikro BRI tersebut bahkan melebihi pertumbuhan total kredit perseroan. Selain peningkatan outstanding pinjaman, pertumbuhan tersebut juga menghasilkan peningkatan jumlah debitur.

"Hingga akhir triwulan II 2014, jumlah debitur mikro BRI mencapai 6,9 juta orang. Artinya, dalam pengembangan bisnis mikronya, BRI berhasil menjangkau lebih banyak pengusaha kecil dan terdepan dalam usaha peningkatan financial inclusion di Indonesia," ujar dia.

Secara umum, pertumbuhan kredit perseroan mencapai 17,19 persen yoy menjadi Rp 459,13 triliun pada kuartal II tahun 2014 dari Rp 391,77 pada periode sama tahun lalu. Adapun rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) tetap dapat terjaga pada posisi 0,57 persen.

Pada kesempatan sama, Direktur Keuangan BRI Ahmad Baiquni menjelaskan pertumbuhan juga terjadi pada penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada semester pertama tahun 2014.

"KUR Mikro semester I 2014 mencapai Rp 23,6 triliun, sementara pada periode sama tahun 2013 mencapai Rp 18,5 triliun. Secara year on year, pertumbuhan KUR kurang lebih sekitar 27 persen," ujar Baiquni.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.