Ada Pipa Minyak Pertamina, Pembangun Pelabuhan Cilamaya Dimulai 2015

Kompas.com - 25/07/2014, 01:02 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembangunan pelabuhan di Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, dinilai sangat mendesak guna mempercepat distribusi barang dari kawasan-kawasan industri ke berbagai tempat.

Namun, menurut Menteri Perindustrian MS Hidayat, pembangunan pelabuhan di Cilamaya tersebut baru akan berjalan tahun 2015 karena masih ada masalah, yaitu adanya pipa-pipa Pertamina di area yang rencananya akan menjadi tempat untuk pembangunan pelabuhan tersebut.

"(Pembangunan) pelabuhan di Cilamaya itu akan dipercepat akhir 2015. Sekarang ini masih ada kendala teknis, masih tertanam pipa minyak milik Pertamina," ujar MS Hidayat di Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Hidayat mengatakan, pembangunan pelabuhan tersebut memang sangat diperlukan untuk saat ini. Pasalnya, kata Menperin, Pelabuhan Tanjung Priok saat ini sudah sangat padat dan memiliki waktu tunggu yang sangat lama.

Kondisi itu membuat distribusi barang dari kawasan-kawasan industri tersendat sehingga mengganggu laju perekonomian. "Pelabuhan ini dibangun karena tidak kompetitifnya Pelabuhan Tanjung Priok. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Jepang untuk investasi ini," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.