Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ignasius Jonan Tertidur di KA Ekonomi, Ini Pengakuan Si Pemotret

Kompas.com - 04/08/2014, 16:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Foto Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Ignasius Jonan saat tertidur di gerbong KA kelas ekonomi menyebar di internet. Ternyata, orang yang memfoto Jonan adalah pengamat kebijakan publik, Agus Pambagyo.

Saat berbincang dengan Kompas.com, Senin (4/8/2014), Agus mengungkapkan, foto tersebut diambil pada Kamis pekan lalu sekitar pukul 19.00 malam dalam perjalanan dari Stasiun Malang ke Surabaya. Saat itu, dia juga tengah melakukan pemantauan atas layanan kereta selama Lebaran.

"Karena sudah lelah, Jonan akhirnya tertidur. Saya yang duduk di depan dia sebenarnya juga tertidur. Kebetulan, saya yang bangun duluan, kemudian saya potret dia. Kalau Jonan yang bangun duluan, mungkin Jonan dulu yang memfoto saya. Saya sama Jonan saling usil kalau sedang di lapangan," ujarnya sambil terkekeh.

Menurut dia, Jonan dan asistennya sampai Surabaya sekitar pukul 23.00 malam. Akan tetapi, saat itu juga, Jonan langsung memimpin rapat evaluasi layanan kereta api sepanjang hari itu. "Saya akui, Jonan itu gendeng (gila) kalau untuk urusan kerja. Foto itu sama sekali bukan pencitraan. Saya sendiri juga kaget, kok foto yang saya ambil menyebar," lanjutnya.

Agus Pambagyo mengungkapkan, moda transportasi kereta dinilai yang paling bagus jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya dalam momen Lebaran kali ini. Meskipun demikian, dia melihat masih ada satu-dua kekurangan yang harus diperbaiki pihak manajemen KAI.

"Seperti masih ada praktik percaloan, kemudian ada penumpang yang gunakan KTP kedaluwarsa. Terus, penumpang di Stasiun Senen juga terlalu crowded karena mereka datang beberapa jam sebelum kereta berangkat. Ini kan membuat stasiun sangat ramai dan kurang tertata," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com