Wall Street Terjatuh ke Level Terendah Sejak Mei

Kompas.com - 06/08/2014, 07:08 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com -
Mayoritas saham yang berada di bursa AS dilanda aksi jual pada perdagangan Selasa (5/8/2014) waktu setempat.

Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 turun 1 persen menjadi 1.920,21. Ini merupakan level terendah sejak 29 Mei lalu. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,8 persen menjadi 16.429,47.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa AS. Beberapa di antaranya yaitu: Haliburton Co dan Pioneer Natural Resources Cp yang melorot lebih dari 3,4 persen. Selain itu, ada pula saham Target Corp yang turun 4,4 persen, Dollar General Corp naik 3,4 persen, dan Groupon Inc anjlok 17 persen.

Beberapa sentimen disinyalir turut mempengaruhi bursa AS. Pertama, aksi jual saham-saham berbasis energi. Kedua, semakin meningkatnya kecemasan atas ketegangan yang terjadi di Ukraina.

"Pasar bergerak volatil. Apalagi sejak ada pernyataan atau isu mengenai pasukan Rusia akan menginvasi Ukraina. Ini yang menyebabkan investor memilih untuk bersembunyi," jelas Lou Shaduk, managing director of equity trading Stifel Nicolaus & Co di Baltimore.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin juga memerintahkan kepada pemerintahannya untuk mempersiapkan diri membalas sanksi AS dan Eropa. (Barratut Taqiyyah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.