Penghematan, PTPN IX Gunakan Panas Matahari untuk "Pengasapan" Karet

Kompas.com - 06/08/2014, 10:29 WIB
|
EditorErlangga Djumena
BAWEN, KOMPAS.com - Harga komoditi karet dunia saat ini sedang turun. Guna menghindari kerugian yang lebih besar PT Perkebunan Nasional (PTPN) IX Jawa Tengah menempuh upaya penghematan ongkos produksi.

Walhasil, saat ini salah satu BUMN tersebut mengubah bahan bakar kayu dalam proses produksi karet mentah dengan bahan bakar yang lebih murah. "Harganya masih bagus, tapi tren nya terus turun," kata Dirut PT PN IX Jawa Tengah, Adi Prasongko, Rabu (6/8/2014).

Pihaknya kini melakukan inovasi agar dapat menghemat ongkos produksi. Misalnya pengasapan karet tidak lagi menggunakan kayu melainkan dijemur di bawah terik matahari. PTPN IX sebagai perusahaan milik negara, kata Hendrilo sangat menghindari pengetatan tenaga kerja.

“Keberadaan BUMN harus mampu memberikan pendapan masyarakat sekitar. Jadi tidak boleh mengurangi begitu saja, tetapi mensiasati bagaimana agar lebih efisein tanpa mengurangi tenaga kerja,” kata Adi.

Hal yang sama, imbuh Adi, juga diberlakukan untuk sejumlah komoditas lainnya seperti teh dan kopi. "Pada pemrosesan kopi dan tehkami juga melakukan penghematan energi. yaitu mengganti bahan bakar kayu dengan briket," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.