Kompas.com - 06/08/2014, 14:24 WIB
Menteri Perindustrian MS Hidayat Kompas.com/SABRINA ASRILMenteri Perindustrian MS Hidayat
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian MS Hidayat mengungkapkan, CEO Newmont dari Amerika Serikat akan datang menemui pemerintah terkait dengan gugatan yang dilakukan Newmont ke Badan Abitrase Dunia atas tuduhan pelarangan ekspor mineral mentah oleh pemerintah.

"Mengenai Newmont, saya sudah mendengar kabar bahwa CEO dari Amerika atau Kanada datang. Tapi saya mendukung adanya perundingan kembali antara Menko dan Newmont manakala mereka mencabut tuntutan atau gugatannya," ujar MS Hidayat di Jakarta, Rabu (6/8/2014).

Saat ditanya wartawan apakah pertemuan tersebut akan membicarakan perundingan ekspor mineral mentah, Hidayat pun mengatakan tidak. Menurutnya, pemerintah sudah berkomitmen bahwa perundingan dengan Newmont akan dilakukan jika perusahaan tambang tersebut mencabut gugatannya.

"Belum (membicarakan perundingan). Saya diberitahu orang Newmont, bahwa hari ini CEO-nya datang. Saya katakan salah satu syarat berunding adalah dia cabut arbitrase," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan, PT Newmont Nusa Tenggara siap berunding dengan pemerintah, tetapi enggan mencabut gugatan di arbitrase internasional.

"Saya terima surat dari Newmont, yang menyatakan mereka ingin berunding, tapi dengan tidak menyampingkan hak untuk memproses gugatan mereka di arbitrase. Kalau mau berunding, cabut dulu," katanya di Jakarta, Selasa (5/8/2014).

Chairul menegaskan, pemerintah tidak akan menanggapi surat dari Newmont, sebelum perusahaan mineral tambang tersebut benar-benar mencabut gugatan hukum yang sangat mengganggu kedaulatan Indonesia itu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.