Kompas.com - 06/08/2014, 16:35 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Arisan Manusia Membantu Manusia (MMM) saat ini tengah diminati masyarakat. Para "nasabah" MMM dapat meraup bunga sekitar 30 persen per bulan dari dana yang disetorkan. Akan tetapi, pengawasan produk ini masih belum jelas.

"MMM itu sebenarnya kewenangan teman-teman di Satgas Waspada investasi. OJK melaksanakan edukasi kepada publik. Saya tidak bisa menyatakan itu melanggar atau tidak melanggar," kata Direktur Direktorat Pengembangan Kebijakan Perlindungan Konsumen OJK Anto Prabowo di kantornya, Rabu (6/8/2014).

Menurut Anto, sebelum menempatkan dananya di satu instrumen investasi tertentu, masyarakat harus benar-benar jeli. Masyarakat harus melakukan pengecekan apakah produk investasi tersebut aman dan dapat dipertanggungjawabkan atau tidak. Hal ini agar jika ada hal yang janggal, masyarakat dapat mengetahui ke mana mereka dapat melapor.

"Yang saya katakan kalau masyarakat mau melakukan investasi, cek dulu. Telepon ke 500655 (call center OJK), itu diawasi OJK atau tidak. Itu saja," jelas Anto.

Terkait dengan arisan MMM, para peserta arisan tersebut berinvestasi mulai dari Rp 1 juta dan maksimal Rp 10 juta dalam satu akun. Dengan uang sebesar Rp 10 juta saja seseorang sudah mendapat bunga Rp 3 juta per bulan tanpa perlu melakukan usaha apa pun.

Selama dua tahun berjalan, belum ada anggotanya mengeluh rugi. Di MMM anggotanya tak menyetor uang ke satu rekening perusahaan. Mereka hanya membuat akun di situs web MMM dengan dana "investasi" yang mereka inginkan. Dana itu kemudian hanya tercatat di akun itu. Sementara uangnya tetap berada di rekening masing-masing anggota.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.