Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan Proyek KA Makassar-Parepare Mulai Konstruksi

Kompas.com - 07/08/2014, 08:48 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mulai membangun rel-rel kereta api luar Jawa. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Kementerian Perhubungan, Hanggoro Budi Wiryawan mengatakan, salah satu proyek KA yang akan konstruksi tahun depan ialah KA Makassar-Parepare.

"Saat ini kita baru bebasin tanah sepanjang 30 kilometer. Tahun depan mulai konstruksi dengan anggaran Rp 270 miliar, semuanya dari APBN untuk infrastruktur," kata dia di Jakarta, Rabu (6/8/2014).

Proyek KA Makassar-Parepare memiliki panjang 145,23 kilometer. Pada 12 Agustus 2014 ini, Hanggoro menambahkan, pemerintah akan melakukan pemancangan tiang pertama atau ground breaking.

Sementara itu, sambung Hanggoro, lain hal dari Makassar-Parepare, proyek KA Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah belum bisa ground breaking dalam waktu dekat. Pasalnya, proyek KA itu menunggu persetujuan fiskal dari Kementerian Keuangan.

"Kita usulkan VGF (viability gap fund). Itu belum dikonfirmasi dari Kemenkeu. Sehingga kita belum berani ground breaking untuk Kalimantan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com