Kompas.com - 07/08/2014, 08:48 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mulai membangun rel-rel kereta api luar Jawa. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Kementerian Perhubungan, Hanggoro Budi Wiryawan mengatakan, salah satu proyek KA yang akan konstruksi tahun depan ialah KA Makassar-Parepare.

"Saat ini kita baru bebasin tanah sepanjang 30 kilometer. Tahun depan mulai konstruksi dengan anggaran Rp 270 miliar, semuanya dari APBN untuk infrastruktur," kata dia di Jakarta, Rabu (6/8/2014).

Proyek KA Makassar-Parepare memiliki panjang 145,23 kilometer. Pada 12 Agustus 2014 ini, Hanggoro menambahkan, pemerintah akan melakukan pemancangan tiang pertama atau ground breaking.

Sementara itu, sambung Hanggoro, lain hal dari Makassar-Parepare, proyek KA Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah belum bisa ground breaking dalam waktu dekat. Pasalnya, proyek KA itu menunggu persetujuan fiskal dari Kementerian Keuangan.

"Kita usulkan VGF (viability gap fund). Itu belum dikonfirmasi dari Kemenkeu. Sehingga kita belum berani ground breaking untuk Kalimantan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.