Pembentukan Badan Penerimaan Pajak Paling Cepat Tahun Ketiga Pemerintah Baru

Kompas.com - 08/08/2014, 14:13 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika disepakati, wacana pembentukan badan peneriman pajak paling cepat bisa terealisasi pada tahun ketiga pemerintahan baru.

Direktur Transformasi Proses Bisnis selaku Pejabat Pengganti Direktur P2Humas, Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Wahju K Tumakaka mengatakan, dalam teori organisasi perubahan manajemen baru akan stabil setelah lewat dua tahun.

"Change management. Di teori organisasi, manajemen perubahan yang dilakukan persiapannya 2 tahun," kata dia dalam ngobrol bareng wartawan DJP, Jakarta, Jumat (8/8/2014).

Wahju menjelaskan, ketiga pilar tax administratin, yakni sumber daya manusia, organisasi, serta teknologi informasi harus di-upgrade atau ditingkatkan kapasitasnya terlebih dahulu, sebelum dapat menjalankan tiga fungsi dengan optimal.

Adapun ketiga fungsi tersebut, adalah fungsi pelayanan (service), fungsi pengawasan, serta fungsi penegakan hukum. Wahju mengatakan, paradigma tentang pentingnya tax administration harus diubah, bahwa ini adalah kepentingan negara, dan bukan kepentingan DJP semata.

Dia pun menyatakan, tidak masalah jika paska tax administration atau badan penerimaan pajak terbentuk, DJP dihapuskan.

"Lingkaran APBN bisa diperbesar jika segitiga sama sisi tax administration diperbesar. Sisi-sisi segitiga tax administration ini adalah, organisasi, SDM, dan teknologi informasi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.