Layanan Imigrasi Dipindah, Penumpang AirAsia Harus Datang 4 Jam Sebelum Keberangkatan

Kompas.com - 09/08/2014, 19:00 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorLaksono Hari Wiwoho


JAKARTA, KOMPAS.com – Maskapai AirAsia menyesalkan adanya rencana penghentian layanan imigrasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 10 Agustus 2014. Jika rencana tersebut dilakuan, AirAsia menilai pihak yang dirugikan adalah seluruh penumpang rute internasional yang berangkat dari terminal 3 tersebut karena harus tiba paling lambat 4 jam sebelum keberangkatan.

Menurut Presiden Direktur AirAsia Indonesia Sunu Widyatmoko, AirAsia tidak diberikan cukup waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu agar penumpang internasional tetap terlayani dengan baik. Akibatnya, penumpang internasional harus bolak-balik dari terminal 3 ke terminal 2 dan kembali lagi ke terminal 3.

"Terbatasnya waktu untuk sosialisasi berpotensi mengakibatkan tidak seluruhnya penumpang internasional AirAsia terinformasikan dengan baik. Bagaimanapun, AirAsia akan melakukan yang terbaik untuk mengakomodir kebutuhan seluruh penumpang serta membutuhkan dukungan dari operator bandara," ujar Sunu Widyatmoko dalam berita pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Sabtu (9/8/2014).

Ia mengatakan, penumpang akan dipaksa menjalani proses imigrasi yang panjang, membingungkan, dan melelahkan. Bahkan, penumpang diminta tiba di bandara paling lambat 4 jam sebelum keberangkatan. Hal itu karena penumpang rute internasional harus naik bus dari Terminal 3 ke Terminal 2 untuk menjalani proses imigrasi dan kembali lagi naik bus menuju pesawat yang diparkir di apron Terminal 3.

Oleh karena itu, AirAsia menilai Angkasa Pura (AP) II selaku operator Bandara Internasional Soekarno-Hatta wajib menyediakan bus untuk mengantar penumpang dari Terminal 3 menuju Terminal 2 ataupun sebaliknya.

Menurut Sunu, dengan penerapan kebijakan tersebut, maka AirAsia terpaksa mengubah sebagian prosedur operasional standar di antaranya adalah menutup konter check-in penerbangan internasional 110 menit sebelum jadwal keberangkatan atau jauh lebih awal dibandingkan saat ini, yaitu 45 menit. Dengan ditiadakannya layanan imigrasi di Terminal 3, lokasi kedatangan penerbangan internasional AirAsia juga akan berpindah ke Terminal 2.

AirAsia mengaku dengan 30 penerbangan internasional per hari dari dan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, maka kebijakan pemindahan imigrasi ini akan berdampak pada sekitar 4.000 penumpang AirAsia setiap harinya. Atas kejadian ini pun Air Asia meminta maaf kepada semua penumpang jika tidak terlayani dengan baik.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang akan timbul apabila rencana dihentikannya layanan imigrasi di Terminal 3 ini benar-benar dilaksanakan. AirAsia memohon maaf kepada para pelanggan atas hal yang berada di luar kuasa kami," kata Sunu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.