Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, IHSG Masih Dibayangi Aura Negatif

Kompas.com - 11/08/2014, 07:49 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan belum akan lepas dari tekanan pelemahan dalam jangka pendek. Di awal pekan ini, Senin (11/8/2014), indeks akan bergerak di rentang tipis dengan sentimen politik dalam negeri yang membuat pelaku pasar mengambil posisi menunggu.

IHSG berbalik melemah sepanjang sepekan kemarin. Maraknya sentimen negatif membuat laju IHSG terpental ke zona merah. Meski rilis inflasi masih seiring dengan pasar dan cadangan devisa mengalami kenaikan namun kembali defisitnya neraca perdagangan dan melambatnya PDB Indonesia membuat pelaku pasar lebih memilih mengamankan posisi.

Sepanjang pekan kemarin, asing masih mencatatkan nett sell Rp 847,03 miliar atau anjlok dari pekan sebelumnya yang nett buy Rp 1,06 triliun.

Belum selesai masalah Rusia-Ukraina, kini pelaku pasar dihadapkan pada ketidakpastian dan kekhawatiran baru terhadap potensi AS melakukan invasi ke Irak seiring alasan untuk menumpas gerakan terorisme. Gencarnya pemberitaan akan gerakan ISIS yang meluas di sejumlah wilayah di Timur Tengah dinilai sebagai gerakan terorisme dan akan memicu AS untuk melakukan serangan militernya.  Pelaku pasar mengkhawatirkan akan kembali melonjaknya harga minyak dan dollar AS.

Penguatan bursa saham Asia hanya terjadi di China kecuali Hongkong setelah rilis kenaikan neraca perdagangannya.  Pelaku pasar di pasar saham Eropa pun turut merespon negatif langkah AS melalui Presiden Obama yang terindikasi memberikan persetujuan militernya untuk menyerang wilayah-wilayah Irak yang diyakini dijadikan basis perkumpulan ISIS.

Turunnya balance of trade dan current account Jerman dari rilis sebelumnya; lalu membesarnya defisit neraca perdagangan Inggris menambah sentimen negatif dan menutupi sentimen positif dari kenaikan tipis industrial production Perancis.  

Riset Trust Securities memroyeksikan IHSG di awal pekan ini berada pada rentang support 5.035-5.044 dan resisten 5.067-5.087. Secara teknikal, spinning di atas lower bollinger band (LBB ). MACD cenderung turun dengan histogram negatif yang memanjang. RSI, Stochastic, dan William’s %R cenderung turun.

"Masih silih bergantinya sentimen negatif membuat IHSG sulit untuk rebound namun potensi pelemahan lanjutan bisa saja tertahan jika pelaku pasar memanfaatkan pelemahan tersebut untuk buy on weakness," tulisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+