Kompas.com - 11/08/2014, 08:54 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah diproyeksikan akan bergerak variatif dengan potensi penguatan, Senin (11/8/2014). Sentimen eksternal yang menekan dollar AS mendorong posisi rupiah lebih kuat.

Setelah Presiden AS, Barrack Obama, menunjukkan niatan untuk membantu pemerintah Irak memerangi militan ISIS, dollar index terpantau melemah.

Menurut Riset Samuel Sekuritas Indonesia, keikutsertaan AS dalam perang berpeluang mengganggu jalannya pemulihan ekonomi sehingga itu memungkinkan Bank Sentral AS, The Fed, untuk menjaga suku bunga rendah lebih lama lagi.

Rupiah yang sempat melemah di pembukaan ditutup menguat pada Jumat (8/8/2014) sore lalu. Surplus neraca perdagangan China yang naik serta pelemahan dollar global mampu mendorong rupiah lebih jauh ke bawah Rp 11.800 per dollar AS.

Namun, aksi jual masih terlihat di pasar SUN di mana imbal hasil (yield) SUN bertenor 10 tahun naik ke 8,3 persen. Hari ini rupiah berpeluang melanjutkan penguatannya karena pengaruh sentimen eksternal.

Pada awal perdagangan Senin pagi ini, berdasarkan data Bloomberg pada pukul 08.44 WIB,  mata uang garuda menguat ke posisi Rp 11.731 per dollar AS atau naik 0,40 persen dibanding penutupan Jumat lalu pada 11.778.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.