Kompas.com - 11/08/2014, 13:44 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, ada kemungkinan PT Merpati Nusantara Airlines diprivatisasi. Dahlan menjelaskan, langkah-langkah restrukturisasi Merpati masaih sama dengan yang disampaikan awal tahun ini.

Pertama, restrukturisasi utang Merpati kepada pemerintah bisa dilakukan melalui kesepakatan dengan Kementerian Keuangan, dan parlemen. Pemerintah diharapkan mau merestui konversi utang menjadi saham (debt to equity swap).

“Kedua, utang yang ke BUMN itu gampang saja. Karena kalau pemerintah memutuskan utang pemerintah menjadi saham, BUMN tinggal ikut saja,” kata dia kepada wartawan, di Jakarta, Senin (11/8/2014).

Ketiga, lanjut Dahlan, utang Merpati ke swasta, akan diselesaikan mulai pekan ini.

Dahlan bilang, Direktur Utama Merpati, Capt.Asep Ekanugraha rencananya akan mengajukan permohonan PKPU pekan ini. Dalam rencana tersebut, direksi akan menjelaskan proses restrukturisasi Merpati.

“Yaitu restrukturisasi utang kepada pemerintah, BUMN, kemudian ada KSO, dan dalam KSO dimungkinkan untuk diprivatisasi,” tegas Dahlan.

baca juga: Sisa Hidup Merpati Nusantara Tinggal 6 Bulan Lagi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.