Kompas.com - 11/08/2014, 15:58 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) memberikan fasilitas pinjaman sebesar Rp 1,5 triliun kepada PT Angkasa Pura II (AP II). Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan berbagai bandara yang berada di bawah pengelolaan AP II.

Presiden Direktur BII Taswin Zakaria menyatakan pinjaman tersebut bertenor 10 tahun. Dengan fasilitas itu, perseroan memberikan dukungan terhadap pengembangan bandara yang dikelola AP II khususnya Bandara Internasional Soekarno- Hatta.

"Sebagaimana diketahui, AP II kini tengah melakukan berbagai pengembangan dan pembangunan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, diantaranya adalah Terminal 3 Ultimate yang diproyeksikan sebagai terminal penumpang pesawat tercanggih di Indonesia," ujarnya dalam siaran pers, Senin (11/8/2014).

Setelah pembangunan Terminal 3 Ultimate selesai tahun depan, AP II akan melakukan revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2. Adapun nantinya usai pengembangan dan pembangunan terminal-terminal tersebut, kapasitas daya tampung di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi 61 juta penumpang atau naik 177 persen jika dibandingkan dengan kapasitas sekarang 22 juta penumpang.

Sementara itu, Direktur Utama AP II Tri S. Sunoko mengatakan kemitraan dengan BII merupakan salah satu upaya perusahaan untuk menjadikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta berkelas dunia.

"Setelah kami melakukan seleksi terhadap beberapa bank, hanya BII yang dapat memenuhi ekspektasi AP II untuk berperan sebagai kreditur guna memperlancar pengembangan yang tengah dilakukan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," jelas Tri.

Tri menambahkan, kerjasama dengan BII ini sekaligus menunjukkan kepercayaan dunia perbankan terhadap kinerja positif AP II saat ini dan ke depannya.

“AP II tengah melakukan pembangunan dan pengembangan hampir di seluruh bandara yang dikelolanya. Khusus Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dana yang diperlukan sekitar       Rp26 triliun untuk periode 2007 hingga 2020,” papar Tri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.