Kompas.com - 12/08/2014, 14:31 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com -  Angin sejuk menghembus iklim investasi tanah air. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan delegasi ekonomi dan kebudayaan Taiwan tertarik untuk berinvestasi di Indonesia.

Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun mengatakan, delegasi yang terdiri atas sejumlah investor Taiwan itu menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi di Indonesia. "Mereka tertarik berinvestasi di beberapa sektor. Namun yang utama investasi industri tenaga surya, elektronik dan petrokimia," ujar Alex usai bertemu delegasi Taiwan tersebut di Kementerian Perindustrian pada Selasa (12/8/2014).

Dari sektor industri tenaga surya, Alex menyatakan pihaknya bisa mengakomodasikan pertemuan dengan PT Lembaga Elektronika Nasional (LEN) Industri, perusahaan BUMN yang bergerak di industri tenaga surya. Sementara dari sektor elektronika, pihak Kemenperin menunggu realisasi investasi dari Foxconn dan sejumlah perusahaan elektronika lain.

Alex mengatakan pihaknya belum memperoleh informasi mengenai total potensi investasi dari Taiwan tersebut. "Baru ditahap pembicaraan, kalau memang serius akan ada pertemuan lebih lanjut membahas soal detailnya," terang Alex.

Ia menyebutkan lokasi-lokasi investasi itu kemungkinan besar di Cirebon, Jawa Barat. Pasalnya investasi tersebut untuk industri yang memerlukan teknologi tinggi, jadi harus dekat dengan pusat industri dan teknologi, yakni Jawa. Ia optimistis di tahun ini, paling tidak ada satu perusahaan yang merealisasikan investasinya di Indonesia. (Benediktus Krisna Yogatama)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Kontan
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.