Kompas.com - 14/08/2014, 09:04 WIB
Menteri Perhubungan EE Mangindaan. Kompas.com/SABRINA ASRILMenteri Perhubungan EE Mangindaan.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Perhubungan E.E Mangindaan menyatakan, pergantian Direktur Utama Garuda adalah hal yang wajar karena masa jabatan Dirut saat ini Emirsyah Satar sudah hampir habis. Mengenai beberapa nama yang saat ini sedang digodok Kementerian BUMN, Menhub mengaku tidak memiliki jagoan dan tidak menjagokan siapapun yang akan terpilih nantinya.

"Kalau anda tanya itu yang penting saya persyaratannya itu. Tentunya saya tidak punya jago dan menjagokan ya," ujar E.E Mangindaan di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (13/8/2014).

Saat ditanya lebih lanjut mengenai kriteria seperti apa yang harus dimiliki Dirut Garuda, dia menjawab yang penting menurutnya kemampuan Dirut Garuda yang baru nanti minimal sama dengan kemampuan Emirsyah Satar.

Namun, tambah dia, ada satu hal penting yang menjadi kriteria selanjutnya, menurut pria asal Manado tersebut, Dirut Garuda yang baru harus mampu membawa perusahaan lebih maju, terutama masalah keuangan Garuda yang saat ini sedang mengalami kerugian.

"Kriterianya minimal samalah dengan pak Emir, kalau perlu lebih baik. Misalnya contoh apakah dia mampu mengatasi kerugian tadi itu. Meskipun semester II dia akan genjot karena tidak pernah kosong penerbangan ini," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian BUMN sedang menjaring calon pengganti Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Emirsyah Satar yang masa tugasnya akan habis pada Oktober 2014.

Saat ini setidaknya ada empat nama calon yang bersaing dan dinilai layak. Empat calon tersebut yaitu Zulkifli Zaini (Komisaris PT PLN yang juga mantan Direktur Utama Bank Mandiri), Kartika Wirdjoatmojo (Direktur Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Elisa Lumbantoruan (mantan Direktur Garuda Indonesia), dan Elia Massa Manik (Dirut PT Elnusa Tbk, anak usaha Pertamina).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.