Kompas.com - 15/08/2014, 08:06 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah akan diuji kekuatannya menjelang akhir pekan ini, Jumat (15/8/2014). Rupiah menunggu kepastian atas laporan neraca perdagangan terbaru yang dirilis siang ini.

Dari eksternal, PDB Zona Euro yang melambat mendorong dollar index masih naik. Walaupun initial jobless claims AS naik, memburuknya PDB Zona Euro di triwulan dua tahun ini masih mampu mempertahankan tren penguatan dollar index.

Inflasi Zona Euro yang diumumkan hanya 0,4 persen secara tahunan juga mendorong pelemahan euro hingga 1,336 per dollar AS. Keberhasilan pasukan AS menekan dominasi ISIS di Irak disambut positif terlihat dari penurunan harga minyak Brent. Penurunan tersebut juga dipicu oleh Rusia yang semakin melunak pada konflik di Ukraina.

Dari dalam negeri kita, penguatan rupiah terlihat semenjak pembukaan kemarin pagi bersama-sama dengan apresiasi tajam mayoritas mata uang di Asia. Pengumuman BI rate serta defisit neraca transaksi berjalan yang memburuk di siang hari sempat menggerus penguatan rupiah tetapi hingga penutupan rupiah masih membukukan penguatan.

"Hari ini ditunggu angka laporan detail Neraca Peradagangan Indonesia. Rupiah berpeluang melemah mengoreksi penguatan kemarin," kata tim riset Samuel Sekuritas Indonesia dalam risetnya pagi ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.