Dengan "TapCash" BNI Dukung Transaksi Non Tunai

Kompas.com - 15/08/2014, 10:08 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mendukung Gerakan Nasional Non Tunai yang diinisiasi Bank Indonesia (BI). Dukungan perseroan diwujudkan dengan produk uang non tunai TapCash.

Setelah menjadi bagian dari penyedia layanan tiket elektronik (e-ticketing) bagi penumpang kereta Commuter Line di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), kini BNI juga memastikan produk TapCash-nya sebagai tiket elektronik pengguna bus Trans Jakarta di Jakarta.

"Kerjasama penggunaan kartu prabayar oleh beberapa perbankan, termasuk bank-bank BUMN dalam tiket elektronik kereta Commuter dan bus Trans Jakarta membuktikan bahwa pada dasarnya bank-bank milik negara ini memahami kapan saatnya berkolaborasi dan kapan saatnya berkompetisi," kata Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo dalam pernyataan resmi, Jumat (15/8/2014).

Gatot mengatakan kolaborasi dibutuhkan sebagai upaya kearah terciptanya efisiensi. “Wujud dari kolaborasi ini adalah dengan digunakannya tiket elektronik pada kereta Commuter dan bus Trans Jakarta, yang dapat membuat transaksi menjadi lebih mudah, nyaman, dan handal untuk mempercepat pertumbuhan Gerakan Nasional non Tunai (Less Cash Society),” ujar Gatot.

BNI TapCash merupakan kartu berbasis java card yang menggantikan existing platform yang berbasis mifare classic.  Hingga saat ini, BNI TapCash telah melakukan kerja sama dengan beberapa instansi dan terus menambahkan fitur layanan dalam kartu keanggotaannya.

Instansi-instansi tersebut meliputi BPJS (Badan Penyelengggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan dan Universitas Indonesia. Saat ini, anggota Himbara yang memiliki uang elektronik (BNI, BRI, dan Mandiri) bekerjasama dengan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) dan bus Trans Jakarta untuk melakukan integrasi e-ticketing. Integrasi ini memungkinkan pemilik kartu BNI TapCash menggunakannya sebagai alat pembayaran pengganti tiket.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.