Kepala BKPM Ditenggat Segera Rampungkan Penyederhanaan Izin Usaha

Kompas.com - 20/08/2014, 14:27 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar harus merampungkan koordinasi dengan berbagai Kementerian terkait penyederhanaan perizinan di Kementerian, akhir bulan ini.

"Rapat tadi memutuskan, menunjuk Kepala BKPM agar bisa dicapai kesepakatan (dengan Kementerian) untuk simplifikasi. Target akhir Agustus bisa selesai," kata dia di kantornya, Jakarta, Rabu (20/8/2014).

Jika koordinasi dengan kementerian rampung akhir Agustus ini, pembahasan simplifikasi perizinan di Kementerian bisa dilaporkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, berbarengan dengan simplifikasi perizinan UMKM.

Penyederhanaan perizian di Kementerian ini, kata Chairul, sangat penting mengingat saat ini masih banyak masalah perizinan yang dihadapi. Sejauh ini banyak sekali peraturan yang tumpang tindih di sekor tertentu yang membuat proses izin usaha membutuhkan waktu lama.

Contohnya di sektor perkebunan, untuk melakukan izin kebun diperlukan 886 hari atau lebih dari 2,5 tahun. Itu pun, kata dia, belum termasuk waktu yang digunakan untuk pembebasan tanah.

"Di sektor industri mulai dari mendirikan badan hukum lamanya 794 hari. Begitu juga di bidang perhubungan, misalnya untuk izin pengoperasian terminal khusus lamanya 744 hari. Artinya memakan wktu luar biasa lama," tukas Chairul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.