Perusahaan AS Ingin Ciptakan Tokoh Princess Batik

Kompas.com - 21/08/2014, 07:46 WIB
Batik Garut KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Batik Garut
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Pesona batik Indonesia memang luar biasa, saking tersohornya perusahaan asal Georgia, Amerika Serikat tertarik untuk menciptakan tokoh imajinasi anak-anak yakni Princess Batik. Nantinya tokoh imajinasi ini diproduksi untuk buku cerita, baju, boneka, dan dipromosikan melalui stasiun televisi di negeri paman sam itu .

"Perusahaan asal Georgia, AS ini tertarik dengan batik dan ingin bekerja sama dengan perusahaan Indonesia untuk menciptakan tokoh imajinatif Puteri Batik atau Princess Batik. Ini sangat membanggakan karena kita menjadikan batik sebagai ikon fesyen Indonesia dan kebudayaan kita lebih dikenal di manca negara," tegas Ni Made Ayu Marthini, Atase Perdagangan RI di Washington D.C, di Las Vegas, AS, dalam siaran persnya, Rabu (20/8/2014).

Salah satu perusahaan lokal yang telah memasarkan produknya ke AS adalah PT Angelina Kartika. Perusahaan ini adalah produsen baju pesta anak-anak berbahan tulle. Dimana salah satu buyers-nya Jewel and Jem, telah dikenal sebagai perusahaan fesyen anak-anak. 

Perusahaan AS ini masih memproduksi produknya 100 persen di AS, namun mereka ingin memproduksi produknya di luar AS. Ketertarikan terhadap produk Indonesia mendorong Jewel and Jems menghadiri Trade Expo Indonesia 2014 dan mempromosikan lebih jauh produk Indonesia di AS.

Sekitar 95 persen produk PT. Angelina Kartika menggunakan bahan lokal Indonesia, kecuali beberapa aksesori yang diimpor. Menurut Elizabeth Angelina, pemilik PT. Angelina Kartika, perusahaan mereka bangga menggunakan bahan baku buatan dalam negeri yang berkualitas prima. (Handoyo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.