Kompas.com - 21/08/2014, 19:22 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang masa arus mudik dan balik lebaran, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatatkan pendapatan sebesar Rp 361,9 miliar, atau naik dari periode yang sama tahun lalu.

"Tahun 2014 total pendapatan pada H-10 sampai H+12 Lebaran adalah Rp 361,9 miliar atau naik 16 persen dari pendapatan yang sama untuk periode tahun lalu yaitu Rp 311,5 miliar,” ujar Head of Corporate Communication PT KAI, Makmur Syaheran dalam konferensi pers di Jakarta (21/8/2014).

Makmur menjelaskan, pendapatan sebesar itu tidak luput dari banyaknya jumlah penumpang selama musim Lebaran 2014. Tercatat terjadi peningkatan volume penumpang sebesar 17 persen atau 5,55 juta orang dari periode tahun 2013 yang hanya berjumlah 4,75 juta penumpang.

Makmur mengklaim bahwa PT KAI sudah melakukan persiapan yang baik selama musim Lebaran tahun lalu. Tercatat ada 293 rangkaian KA regular, 18 KA tambahan komersial dan 16 KA ekonomi subsidi (PSO).

Sementara itu untuk lokomotif KAI siapkan 416 unit, dengan rincian 368 unit lokomotif dinas, dan 48 unit cadangan. Oleh karena beberapa variabel tadi, Makmur pun menglaim penyelenggaraan angkutan Lebaran oleh KAI tahun ini berhasil. Bahkan menurutnya, KAI meraih predikat zero accident karena tidak ada terjadi kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.